Sebelum Tabrakan Speedboat, Ini Pesan Terakhir Barry Pada Adiknya di Ternate 

Tangkapan layar kecelakaan Speedboat di Bacan, Halsel, Jumat (6/8/2021).

Ternate, malutpost.id – Kabar meninggalnya Barry Hamdany Abubakar dalam tabrakan 2 speedboat di Bacan Jumat (7/8) petang kemarin, mengejutkan pihak keluarganya.

Apalagi Firman Jaya Idilaga, yang beberapa saat sebelum kejadian masih sempat berkomunikasi dengan Barry melalui WhatsApp.

Firman merupakan adik bungsu dari Kepala Cabang BRI Obi tersebut. Ditemui malutpost.id Sabtu (8/8/2021) dini hari di rumah duka Kelurahan Maliaro RT 13 Kecamatan Ternate Tengah, Firman menceritakan komunikasi terakhirnya dengan korban.

Saat itu, korban sudah dalam perjalanan dari Kawasi Obi menuju Labuha, Bacan dengan menumpang Speedboat Habibi 01.

Ini penuturan Firman. Sebelum shalat Jumat, sekira pukul 11.00 WIT ada pesan WhatsApp yang masuk ke smartphone-nya.

Baca:  Pesona Pasir Putih Pantai Army Dock, Morotai Tatkala Senja

Ternyata, pesan itu dari Barry yang mengabarkan bahwa dirinya dalam perjalanan dari Kawasi ke Bacan. “Lantas saya tanya; dia bilang ada tugas kantor,” tutur Firman.

Sekira pukul 15.00 WIT, masuk lagi pesan WhatsApp ke Firman. Pesan itu dari korban yang mengatakan, sehari dua nanti ada Speedboat dari Kawasi ke Ternate.

“Nanti siapkan kiriman dan di speedboat itu. Ternyata itu pedan terakhirnya,” tuturnya dengan mata berkaca-kaca.

Firman menceritakan, almarhum baru seminggu ini kembali menjalankan tugasnya di Obi. Sebelumnya, ketika di Obi, almarhum sakit dan diminta orang tua untuk berobat di Ternate.

”Barry sempat ke Ternate dan berobat. Kurang lebih sebulan dia di sini. Dia istirahat total dan akhirnya sembuh. Hari-harinya dia hanya bermain dengan anak saya. Dia kebetulan belum menikah,” tambah Firman.

Baca:  Sejumlah Ruas Jalan Rusak, Komunitas RX King Sula 76 Turun Tangan

Dia mengaku, kabar duka itu diperoleh dari karyawan BRI di Bacan.

“Saya dapat informasi dari teman kantor almarhum, bahwa ada kecelakan speedboat. Lalu dikasih tahu almarhum sudah dibawa ke RSUD karena kondisinya kritis. Satu menit berselang, saya dikabari lagi bahwa kakak sudah meninggal,” kata Firman.

Pihak keluarga di Ternate kemudian menghubungi keluarga di Bacan. Ternyata, kata dia, Bupati Halsel Usman Sidik pun kabarnya sempat melayat ke RSUD Labuha.

Selain itu, pihak BRI pun ikut mengurus jenazah almarhum untuk dibawa ke Ternate dengan mnggunakan kapal dari Pelabuhan Babang.

Jenazah almarhum Barry dilaporkan sudah tiba di Ternate dan disemayamkan di rumah orang tuanya di Kelurahan Maliaro RT 13.

Baca:  Dianggap Bermasalah, Pancona Katarabumi Ikut Tender Lagi

Barry merupakan salah satu korban yang meninggal akibat tabrakan Speedboat Habibie 01 dari Kawasi menuju Labuha, Bacan dan Speedboat Hasika yang bertolak dari Labuha menuju Obi.

Dalam kecelakaan laut itu, seorang penumpang teridentifikasi bernama Radit Saputra dilaporkan mengalami cidera.

Saat kejadian itu, kedua speedboat naas tersebut memuat penumpang termasuk 3 di antaranya WNA China.(mg07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks