Lapas Labuha Usulkan Remisi Bagi 87 Napi di HUT Kemerdekaan RI

Ilustrasi remisi kemerdakaan. (istimewa)

Labuha, malutpost.id — Sedikitnya 87 narapidana (napi) dari 125 warga binaan penghuni Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas III Labuha Kabupaten Halmahera Selatan diusulkan memperoleh remisi (potongan masa tahanan) pada momen HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. 38 orang tidak diusulkan karena berbagai alasan.

Kepala Lapas Kelas III Labuha, Hialmar Purba saat ditemui malutpost.id, Jumat (6/8/2021) mengatakan, 38 penghuni yang tidak mendapatkan remisi karena mereka belum memenuhi syarat-syarat ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dari total 38 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang tidak mendapatkan pemotongan masa tahanan itu, 6 orang masih menjalani Pidana Kurungan Peganti Denda, 6 orang berstatus tahanan, 9 orang menjalani pidana di bawah 6 bulan, 8 orang belum menjalani 6 bulan masa pidana.

Baca:  Rumah Rusak Akibat Gempa di Bacan Bertambah

Sementara 4 orang telah diusulkan cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat, 2 orang belum memiliki justice collaborator, 1 orang akan diusulkan asimilasi rumah sebelum RU 2021, dan 1 orang belum diusulkan karena ada pembatalan SK PB pidana sebelumnya. Sedangkan 1 tercatat melakukan perbuatan pelanggaran.

Menurut Hialmar, rata-rata 38 warga binaan Lapas Kelas III Labuha yang tidak mendapatkan remisi itu adalah mereka yang sedang menjalani hukuman karena tindak pidana umum.(k01)

 

_

Laporan: Maulana Djamal Syah
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks