Internet Sudah Aktif di Batang Dua, Ternyata Simra Net Bangun 2 Tower dan Jaringan

Pemasangan instalasi jaringan internet di rumah Lurah Bido, Batang Dua beberapa waktu lalu. (istimewa)

Ternate, malutpost.id – Fasilitas jaringan internet di Kecamatan Batang Dua sempat menjadi salah satu isu kendala pembangunan infrastruktur di wilayah pulau luar Kota Ternate. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate kabarnya baru akan membangun fasilitas tersebut pada 2022 mendatang.

Seperti dilansir malutpost.id, Rabu (4/8) kemarin, Kadis Infokom dan Persandian Kota Ternate, Anas Konoras menyatakan, Pemkot rencana membangun Vsat pada tahun depan. Langkah itu sebagai solusi belum diakomodirnya usulan Pemkot Ternate kepada BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) untuk membangun 2 tower di Batang Dua.

Namun ternyata, PT Sinar Mas Dirgantara (Simra Net) telah membangun 2 tower di Batang Dua dan jaringan internet sudah difungsikan. “Siapa bilang Batang Dua belum ada jaringan internet? Simra sudah membangun dua tower di Kelurahan Bido dan Mayau serta jaringannya. Saat ini jaringan internet di Batang Dua sudah bisa,” tukasnya.

Baca:  Tabrak Truk, 2 Pemuda di Morotai Meninggal di Tempat

Dia mengatakan, perluasan jaringan masih terus diupayakan sehingga bisa diakses secara keseluruhan oleh warga. Untuk sementara jaringannya masih terbatas di beberapa rumah. “Namun tim kami masih bekerja. Kita juga menunggu alat yang terkendala karena PPKM,” ungkap Direktur Simra Net, Bambang kepada malutpost.id, Kamis (5/8/2021).

Untuk membuktikan tersambungnya jaringan internet di Batang Dua, Kamis (5/8) siang tadi, malutpost.id, pihak Simra Net dan Lurah Bido, Ersa melakukan komunikasi langsung. Dalam komunikasi itu, Lurah Bido mengatakan pihaknya berterima kasih atas tersedianya jaringan internet di Batang Dua.

Menurut Bambang, perusahaan pemegang ISP itu sudah melaporkan pembangunan tower dan upaya digitalisasi jaringan internet di Pulau Batang Dua kepada Pemkot Ternate. “Kendala saat ini di Pulau Batang Dua, mereka tidak bisa memanfaatkan jaringan pada siang hari karena listrik di sana belum beroperasi 24 jam,” tuturnya lagi.

Baca:  Diduga Korban Eksploitasi, Satpol PP Ternate Amankan 5 Anak Penjual Parfum

Akses jaringan itu sudah dimulai pada Kamis, 21 Juli lalu. Hari itu, tepat pukul 19.19 WIT, pihaknya melakukan ujicoba video call dengan Lurah Bido, Ersa dan berlangsung dengan baik. “Ini langkah maju upaya digitalisasi pelosok negeri, khususnya daerah pulau terpencil,” katanya.

Pihak Simra Net setelah tersambungnya jaringan internet di Batang Dua, masih tetap menggratiskan penggunaan jaringan oleh masyarakat. “Kami belum tahu sampai kapan kita gratiskan buat masyarakat. Bisa tiga bulan atau lebih,” tukasnya. (aba)

 

_

Laporan: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks