Alasan Warga Sangaji Tolak Nama Baru PDAM Ternate

Iswan Marus. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Rencana pergantian nama PDAM (Perusahan Daerah Air Minum) Kota Ternate menjadi Perumda Ake Malako ditentang warga Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara.

Warga setempat menilai, penggunaan nama perusahan yang telah mengekplotasi mata air Ake Gaale sejak 1993 itu bertabrakan dengan aspek sejarah.

“Dari aspek bahasa Ake Malako (mata air) adalah kalimat yang tidak asing bagi warga Ternate. Mungkin para pengusul nama ini berfikir bahwa penggunaan narasi ini bersifat umum dan dapat mewakili semua mata air di Ternate. Tetapi hal terpenting dalam menentukan nama sebuah kawasan atau institusi adalah aspek history atau aspek nilai yang berhubungan dengan kawasan atau instansi tersebut,”kata Iswan Marus, salah satu pemuda Kelurahan Sangaji kepada malutpost.id, Kamis (5/8/2021).

Dia memaparkan, pertimbangan utama pemerintah saat mendirikan perusahan pengelolaan air minum di Ternate pada kawasan Ake Gaale saat itu karena potensi air baku yang cukup besar dan sangat baik dari sisi kualitas.

Dari situ, lanjut Iswan, Ake Gaale kemudian dieksploitasi sejak tahun 1993 hingga saat ini. Menurutnya, aspek sejarah dan nilai Ake Gaale inilah yang mesti menjadi pertimbangan utama DPRD Kota Ternate ketika hendak mengusulkan label atau nama dari perusahana daerah yang telah menghidupi ratusan ribu penduduk Ternate hingga saat ini.

“Sebagai bagian dari masyarakat Sangaji Ake Gaale, kami menentang keras penggunaan nama PDAM yang berlokasi di kawasan Ake Gaale yang tidak menghargai nilai dan kearifan yang ada di Sangaji,”tegas Iswan.

Dia menegaskan, ekploitasi Ake Gaale hingga kini telah menyebabkan kecelakaan lingkungan fatal, dimana terjadi instrusi air laut.  “Ingat, bahwa Ake Gaale pernah penah terjadi kecelakaan lingkungan tahun 2014 dimana efeknya efeknya terasa hingga saat ini,”tegasnya.

“Jadi kami mohon kepada para anggota dewan yang terhormat untuk bijak dalam mengekspos ide dan gagasan,”tandas Iswan. (ikh)

 

 

_

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks