Stok Oksigen di RSUD Sanana Dipastikan Aman

Plt Direktur RSUD Sanana. (istimewa)

Sanana, malutpost.id — Stok oksigen di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara sampai saat ini masih aman.

Plt Direktur RSUD Sanana, Marini M. Nur Ali kepada malutpos.id, memastikan, stok oksigen yang ada di RSUD saat ini dapat memenuhi kebutuhan pasien termasuk dalam kondisi darurat sekalipun.

Memang, kata Marini, beberapa minggu kemarin sempat terjadi kekurangan karena meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat menggunakan oksigen.

“Kasus Covid-19 itu oksigen sangat dibutuhkan. Tetapi sekarang suplai oksigen sudah lancar,” kata ditemui awak media di kantor DPRD, Rabu (4/8/2021).

Dia menjelaskan, setiap pasien Covid-19 yang dirawat membutuhkan 15 tabung oksigen jika dirawat selama dua minggu. Akibatnya, RS sempat kewalahan saat terjadi peningkatan pasien yang terpapar corona.

Baca:  BPBD Sula Berikan Seragam untuk Pelajar yang Terdampak Banjir di Mangoli

“Dari lonjakan kasus itu yang membuat kita kewalahan. Tapi sekarang di ruang isolasi itu tingkat kesembuhannya tinggi, jadi yang tersisa tinggal 7 pasien,” ungkap Marini.

Saat ini stok oksigen yang ada di RSUD berjumlah 35 tabung. Dengan angka penularan yang ikut melandai di Kepsul, maka stok tersebut bisa mencukupi menangani pasien. “Kita juga ada pinjam tabung oksigen di penyedia sebanyak 33 oksigen. Saya rasa kalau dengan jumlah 68 tabung itu sudah sangat mencukupi,” tandasnya. (mg01)

 

_

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks