Jaringan Internet di Batang Dua Nanti Dibangun Tahun Depan

Ilustrasi tower. (istimewa)

Ternate, malutpost.id – Kendala jaringan internet di Batang Dua belum bisa terjawab dalam waktu dekat. Pemkot Ternate baru akan membangun fasilitas Vsat pada tahun 2022 nanti.

Kapala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate, Anas Konoras menyatakan, sarana informasi berupa jaringan internet di Kecamatan Batang Dua sudah diupayakan sejak awal.

Pemkot Ternate melakukan berkordinasi dengan PT Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) dan mengusulkan pembangunan 2 tower BTS di Mayau dan Pulau Tifure.

“Hanya saja, usul itu belum diakomodir lantaran Ternate bukan kategori wilayah yang masuk daerah 3T (terluar, terpencil dan tertinggal). Usulan ini sudah satu tahun kami ajukan. Dan, sampai saat ini belum ada realisasinya,” kata Konoras, Rabu (4/8/2021).

Baca:  Satpol PP Kota Ternate Tertibkan Pedagang Barito Belakang Jatiland Mall

Untuk itu, sambil menunggu progres program 3T oleh PT Bakti, Pemkot Ternate membuat opsi lain, yakni membangun Vsat yang bakal dipusatkan di Kecamatan Batang Dua. “Saya sudah melapor ke Pak Wali terkait kondisi ini. Pak Wali arahkan untuk menyediakan fasilitas Vsat,” tambahnya.

Sesuai rencana, Pemkot Ternate akan membangun Vsat di Kelurahan Mayau sebagai pusat Kecamatan Batang Dua. “Rencananya tahun ini, namun karena refocusing anggaran, sehingga fasilitas Vsat itu bakal dibangun pada tahun 2022 mendatang. Mudah-mudahan 2022 kita bisa bangun karena ini juga prioritas Pak Wali,” katanya. (mg-07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks