12 Rumah Rawan Longsor, Warga Rua Bangun Talud Secara Swadaya

Warga bersama Babinsa Rua menggali lubang fondasi talud di tepi jurang untuk melindungi rumah warga yang ada di atas tebing, Rabu (4/8/2021). (istimewa)

Ternate malutpost.id – Warga Kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate berinisiatif membangun talud secara swadaya.

Pasalnya, di kelurahan tersebut ada sekitar 12 rumah yang masuk titik rawan longsor. Beberapa pekan kemarin, sebuah rumah di RT 07 rusak tertimbun longsor.

Pasca longsor yang terjadi Juni lalu, berbagai elemen masyarakat di Kelurahan Rua menggelar rapat. Rapat itu melibatkan pihak kelurahan, tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Dalam rapat itu kita membahas langkah antisipasi longsor susulan jika terjadi hujan deras seperti kemarin. Di lokasi itu ada 12 rumah warga. Karena itu, kami sepakat memberikan bantuan secara suka rela dalam bentuk uang dan material,” jelas Kepala Pemuda Kelurahana Rua, Amang Hadin, Rabu (4/8/2021).

Baca:  Warga Dilarang Nonton Upacara HUT RI ke-76 di Ternate

Sementara itu, Abdul Rahim, salah seorang warga yang rumahnya terancam longsor mengatakan, talud yang ambruk di sebelah rumahnya sampai saat ini belum diatasi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ternate.

Padahal, menurut dia, sudah ada tim yang turun melakukan kajian teknis. “Sampai saat ini tidak ada informasi maupun langkah dari pemerintah Kota Ternate,” pungkasnya.(mg-08)

 

Laporan : Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks