Heny Sutan Muda: Pemkot Perlu Bantu Pelaku Usaha Kecil di Masa PPKM

Henny Sutan Muda. (istimewa)

Ternate, malutpost.id – Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Heny Sutan Muda mengingatkan Pemerintah Kota agar memberikan bantuan bagi warga yang terdampak PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Dia melihat, rata-rata pelaku usaha kecil mengeluh karena PPKM ikut mempengaruhi pendapatan usaha yang terus menurun.

Seperti diketahui, kebijakan PPKM di Kota Ternate yang diperpanjang hingga 8 Agustus 2021 tersebut, membuat sejumlah pelaku usaha kehilangan omset. Pengelola Taranoate, pusat souvenir yang menampung berbagai produk UKM mengaku sepi pengunjung.

Akibatnya, berbagai produk makanan yang dijual terancam kadaluarsa. Rata-rata pelaku usaha mikro bidang kuliner yang paling merasakan dampak. Pembatasan jam operasional membuat pelaku usaha kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan. Apalagi, usaha mereka yang rata-rata buka pada sore hari. Biasanya pembeli datang pada malam hari.

Heny menyatakan, keluhan para pelaku usaha kecil itu mestinya dijawab dengan pemberian bantuan dari Pemkot Ternate. “Karena mereka tidak punya solusi lain. Kalau mulai buka sore dan tutup jam 10 malam, berarti hanya beberapa jam saja. Padahal, biasanya pembeli datang di atas jam 10 malam,” kata politisi Demkorat itu ketika dihubungi malutpost.id, Selasa (3/8/2021).

Di sisi lain, menurut Heny, langkah yang dilakukan Satgas Covid-19 sudah baik dalam hal pengawasan protokol kesehatan. Tapi, sebaiknya kata dia, tidak hanya pada malam hari namun juga aktifitas sosial siang hari di pusat-pusat keramaian. ”Juga kelihatan, yang mau ditertibkan hanya 4 orang yang lagi duduk makan tapi petugas yang datang lebih banyak,” tukasnya.

Dia mengatakan, pengawasan Satgas Covid-19 juga perlu diintensifkan pada siang hari, waktu dominan aktifitas masyarakat. Kenyataannya, kegiatan sosial masyarakat di siang hari terutama pusat belanja dan pasar lepas dari pengawasan.

”Karena itu, kami mengapresiasi Polda Maluku Utara yang rencana menempatkan pos-pos pengawasan protokol kesehatan di empat di Ternate. Memang, warga kita kalau ada petugas polisi akan lebih patuh,” tambahnya.(mg09)

 

_

Laporan: Faisal Umar
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks