Halsel Perpanjang PPKM, Pelaku Usaha Kuliner Mengeluh

Salah satu tempat saha kuliner di Bacan sepi yang sepi pengunjung. (maulana/mp.id)

Bacan, malutpost.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemkab Halsel) memperpanjang PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hingga 8 Agustus 2021. Kebijakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 161 tahun 2021 itu, berlaku sejak 27 Juli lalu.

Pemberlakuan PPKM itu langsung direspon beberapa pelaku usaha kuliner di Kota Bacan. Kebijakan yang bertujuan menurunkan kasus penularan Covid-19 tersebut dinilai berdampak terhadap usaha mereka. Pasalnya, jam operasional yang berlaku hingga pukul 22.00 WIT akan mempengaruhi waktu jualan. Apalagi, rata-rata pengunjung lebih suka datang pada malam hari.

Darda’i, salah seorang pelaku usaha makanan cepat saji di bilangan jalan Lapangan Merdeka Labuha mengeluhkan perpanjangan PPKM tersebut. ”Kebijakan ini makin menambah beban kami. Sejak PPKM sebelumnya, pendapatan kami menurun drastis. Kalau diperpanjang lagi, kami tak tahu kapan bisa bertahan,” tuturnya.

Baca:  Mengolah Sagu; Cara Kampung Indomut Bacan Merawat Tradisi

Menurut dia, pendapatan usahanya turun karena PPKM selain mengatur jam operasi juga membatasi pengunjung. Sementara rata-rata langganannya makan di tempat.
Hal senada diutarakan Ibnu yang juga pelaku usaha kuliner. ”Sejak PPKM, omset turun. Sementara kita harus mengeluarkan biaya belanja bahan pokok, operasional, dan upah pekerja. Dengan kondisi begini, jangankan untung, untuk penuhi biaya-biaya itu saja sudah sulit,” tambahnya.

Kedua pelaku usaha ini berharap pemberlakuan PPKM mestinya dibarengi dengan langkah pemerintah mengatasi dampaknya. Setidaknya, bantuan bagi usaha mikro. ”Kami ingin pemerintah memperhatikan kondisi para pedagang kecil yang terdampak PPKM. Pemberian bantuan akan sangat berarti bagi kami. Tapi sampai saat ini kami belum pernah dapat,” ujar Ibnu.(k01)

Baca:  Sering Jalan ke Rumah Warga, Buaya Berjemur di Muara Kali Inggoi Bacan

Laporan: Maulana Djamal Syah
Editor: Ismit Alkatiri

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks