HUT ke-76 RI, 90 Napi Lapas Sanana Diusulkan Dapat Remisi 

Ismail. (istimewa)

Sanana, malutpost.id — Sebanyak 90 narapidana Lapas Sanana diusulkan untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa pidana pada peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia, 17 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Lapas Sanana, Ismail, kepada malutpost.id, Senin (2/8/2021), menyatakan, remisi tersebut merupakan hak warga binaan yang sesuai dengan Ketentuan Peraturan yang berlaku. “Untuk 17 Agustus 2021 kami telah mengusulkan 90 orang mendapat remisi,” tandasnya.

Dia mengatakan, usulan remisi itu dilakukan secara online. Sebelum 17 Agustus 2021, SK-nya diharapkan sudah ada dan akan disampaikan kepada warga binaan tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan.

Pengurangan masa tahanan kepada warga binaan ini, kata Ismail, selain pada hari Peringatan Proklamasi Kemerdekaan, juga pada perayaan hari-hari besar keagamaan.

Baca:  52 Napi Pidum dan Narkoba di Rutan Ternate Diusulkan Dapat Remisi

Remisi tersebut diberikan hanya pada warga binaan yang telah memenuhi syarat antara lain, berkelakuan baik selama di Lapas, telah menjalani hukuman pidana penjara selama 6 bulan dan syarat lainnya yang diatur dalam Undang Undang Pemasyarakatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik Lapas Sanana, Sukarman Drakel mengatakan, saat ini jumlah warga binaan yang ada di Lapas Sanana sebanyak 142 orang. Di antaranya 90 orang telah diusulkan untuk mendapat remisi,” tambahnya.

Beberapa wargaan binaan yang tidak diusulkan memperoleh remisi dikarenakan tiga hal, yakni belum 6 bulan menjalani pidana, narapidana korupsi, dan warga binaan yang telah memasuki waktu berintegrasi ke masyarakat.(mg01)

 

Baca:  Pemotor Ngebut Tabrak Pengendara Hendak Belok, Ketiganya 'Cium Aspal'

_

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks