Penjelasan Kuasa Hukum soal Remaja Cabut Laporan Kasus Persetubuhan

Ruslan. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Kuasa hukum pelapor kasus dugaan persetubuhan anak di bawah umur, Roslan, angkat bicara soal kliennya yang memilih berdamai dengan KM, oknum pejabat di Pemkab Kepulauan Sula yang diduga melakukan tindakan asusila terhadap Gadis (bukan nama sebenarnya).

Roslan yang juga Sekretaris DPD KAI (Dewan Pengurus Daerah Kongres Advokat Indonesia), Maluku Utara itu menyatakan, pencabutan laporan polisi oleh korban ibunya berinsial FT sepenuhnya menjadi hak korban.

Ruslan menjelaskan, kasus tersebut dilaporkan pada 5 Juli 2021 dan dirinya diberi kuasa sebagai pengacara oleh korban, ibu serta paman korban, Umran Buamona. Hingga saat ini, kata Ruslan, dirinya masih menjadi kuasa hukum korban. “Itu artinya bahwa sebagian besar pihak keluarga masih tetap menuntut kasus ini dituntaskan melalui proses hukum,” kata Roslan pada malutpost.id, Kamis (29/7/2021).

Roslan berpendapat, kasus tersebut masuk dalam dugaan tindak pidana delik biasa bukan delik aduan. Sehingga dalam proses hukum, penyidik tidak bergantung pada persetujuan korban. Dirinya, sependapat dengan Polda Malut melalui keterangan resmi Kabid Humas Kombes Pol Adib Rojikan. “Artinya dalam delik biasa kasus tetap dapat diproses hukum. Jadi, sekalipun korban (anak) telah mencabut laporannya penyidik tetap berkewajiban untuk memproses perkara ini,” papar Roslan.

“Jadi proses hukum tetap jalan sesuai hukum acara pidana karena ini kehendak undang-undang bukan kehendak pribadi atau kelompok dan pihak keluarga juga sudah memberikan beberapa bukti kepada penyidik jadi kami yakin teman-teman penyidik yang menangani kasus ini sudah sangat paham dengan aturan-aturan hukum khususnya tentang undang-undang perlindungan anak,” tambahnya lagi.

Dia berkayakinan, penyidik tetap bekerja maksimal dalam penanangan kasus tersebut. “Mari kita tunggu hasil proses hukumnya seperti apa karena kami yakin penyidik pasti akan bekerja maksimal untuk membuat terang kasus ini,”pungkas Roslan. (mg-06)

 

_

Laporan: Muhlis Idrus

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks