DPRD Minta Prioritaskan Tenaga Lokal untuk Guru PTT di Moti, Hiri, dan Batang Dua

Fachri Badar. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Komisi III DPRD Kota Ternate, Kamis (29/7/2021) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Kota Ternate. Kunjungan itu dipimpin Ketua Komisi III Anas U Malik dan Wakil Ketua Komisi III H. Fahri Bachdar.

Kepada malutpost.id, Fahri Bachdar mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka memeriksa data tenaga guru yang ada di Kota Ternate. Selain itu, Komisi III juga meminta penjelasan dari Dinas Pendidikan terkait rencana rekrutmen tenanga guru PTT untuk tiga pulau terluar; Pulau Hiri, Moti dan Batang Dua.

“Sesuai kebutuhan, Pemot membuka lowongan guru dengan kuota 109 orang. Mulai dari PAUD sampai tingkat SMP,” jelasnya.

Fahri berpendapat, untuk mempermudah ases transportasi guru, sebaiknya rekrutmen ini lebih memprioritaskan tenaga profesi guru yang berdomisi di tiga wilayah tersebut. “Kalau tenaga lokal kurang atau tidak ada sama sekali, baru diisi oleh tenaga guru dari Kota Ternate yang mau mengabdi di pulau tersebut,” ujarnya.

Muhajirin Bailusy. (istimewa)

Dia memastikan, dalam waktu dekat, DPRD akan menindaklanjuti rencana tersebut dengan malaksanakan rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan. “Untuk pelayanan pendidikan, maka akan diakomodir, agar mendukung mutu pendidikan di tiga pulau terluar,” pungkasnya.

Baca:  Polda Siapkan Mobil Layanan Antar Jemput Warga yang Mau Vaksin

Secara terpisah, Ketua Dekot Ternate Muhajirin Bailusy menuturkan, setelah mendapatkan data secara resmi dari Dinas Pendidikan, DPRD akan membahas skema lanjutan untuk direkomendasikan ke pemerintah kota. Selain itu, juga akan disesuaikan dengan kondisi anggaran daerah saat ini.

“Sebelumnya akan dilihat dulu, apakah akan dimaksimalkan dalam perubahan anggaran ataukah di tahun berikut. Namun, pada prinsipnya kekuranang guru itu menjadi penting yang harus dipikirkan pemerintah,” pungkasnya.(mg-05)

 

_

Laporan: Irham Hi. A. Rahman
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks