Fungsikan Trotoar, Pemdes Fagudu, Kepulauan Sula Tertibkan PKL di Pertokoan

Kades Fagudu M. Ali Duwila saat berdialog dengan pedagang di areal trotoar, Kamis (29/7/2021). (istimewa)

Sanana, malutpost.id — Dalam rangka menjaga kebersihan dan kenyamanaan para pejalan kaki, Pemerintah Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara melaksanakan penertiban PKL (pedagang kaki lima) yang berjualan di areal pertokoan Desa Fagudu, Kamis (29/7/2021).

Kepala Desa Fagudu, M. Ali Duwila mengatakan, langkah pihaknya itu untuk menindaklanjuti hasil rapat dengan Pemda Kepsul.

“Kami selaku Pemdes Fagudu melaksanakan penertiban bagi PKL yang mengunakan trotoar sebagai tempat jualannya,” kata Ali Duwila kepada malutpost.id, Kamis (29/7/2021).

Alumni Universitas Muhammadiyah Maluku Utara ini mengaku, hal ini dilakukan untuk mengarahkan seluruh PKL yang berjualan di atas trotoar pertokoan untuk mengisi tempat – tempat yang telah disediakan pemerintah maupun di pasar Desa Fagudu.

Kades Fagudu bersama pedagang, Kamis (29/7/2021).

“Kita tidak hanya melakukan penertiban, tetapi kita juga menyiapkan sarana dan prasarana yang baik bagi mereka,” ungkapnya.

Baca:  Sepanjang Pandemi, Banyak Istri di Kepulauan Sula Gugat Cerai Suami

Menurutnya, trotoar merupakan fasilitas bagi pejalan kaki, sebagai perpanjangan tangan dari pemda setempat untuk mendorong program pemda.

“Penertiban ini akan dilakukan secara rutin setiap seminggu sekali. Karena memang menurut saya, kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Sebab, habis melakukan penertiban mereka tetap bejualan lagi,” tambahnya.

Apalagi, tambah Ali, saat ini pemdes juga berencana ikut serta dalam lomba lingkungan menyambut HUT RI pada Agustus ini. Dan salah satu lokasi yang menjadi prioritas pihaknya ialah tepat depan areal pertokoan.

“Jadi kita juga perpanjangan tangan dari Pemda, maka kita juga berupaya membersihkan lingkungan kita didepan pertokoan. Apalagi ini adalah sentral kota Sanana,”tandasnya. (mg-01)

_
Laporan: Hamdi Embisa
Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks