BPPW Malut Gelar Vaksinasi Tahap I


Kepala BPPW H. Fasri Bachmid Saat memantau pelaksanaan vaksinasi tahap I, kemarin (26/7/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar vaksinasi Covid-19 Tahap I untuk pegawai, keluarga, dan pensiunan di pelataran kantor BPPW, Jalan Belakang Kedaton, Kelurahan Soa, Kecamatan Ternate Utara, Senin (26/7).

Vaksinasi tahap I tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Ir. Mohammad Zainal Fatah kepada seluruh koordinator Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tiap provinsi, agar dapat memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi para peserta yang menjadi sasaran. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai percepatan vaksinasi secara nasional sesuai dengan arahan Sekjen Kementerian PUPR tersebut.

Kepala BPPW Malut, H. Fasri Bachmid, ST., MSP mengatakan, vaksinasi yang dilakukan saat ini masih dikhususkan untuk pegawai, keluarga, dan pensiunan UPT Kementerian PUPR Wilayah Malut. Namun, dalam edaran baru diinstruksikan kepada mitra kerja yang ingin divaksin akan dilayani dan diberi fasilitas. Bahkan, jika memungkinkan, para warga yang berada di lingkungan sekitar kantor bisa mengikuti vaksinasi melalui BPPW Malut.

Baca:  Pandemi, Kejahatan Terhadap Anak dan Narkoba Marak di Ternate

“Kita disiapkan kurang lebih 2.351 ampul vaksin. Hingga kemarin, berdasarkan informasi yang diterima, ada sekitar 706 vaksin yang telah terkirim ke kita. Dari total pegawai, keluarga, dan pensiunan terdaftar yang akan divaksin sebanyak 443 orang,” katanya.

Fasri menjelaskan, kegiatan vaksinasi tahap I tersebut akan berlangsung selama empat hari, yaitu dari tanggal 26 sampai 29 Juli. Dia berharap,  pelaksanaan vaksinasi dapat mencapai target per hari sekitar 100 hingga 130 orang. Namun, dalam tiga atau empat hari ke depan, vaksinasi tahap I ini akan diupayakan agar bisa diselesaikan sesuai sasaran dan waktu yang sudah ditentukan.

“Kemudian kami akan berkoordinasi kembali dengan Kementerian PUPR mengenai vaksin yang tersisa. Jika masih ada, maka akan dimanfaatkan kepada warga sekitar kantor atau sampai ke mana saja. Kita juga akan koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota Ternate terkait dengan vaksinasi yang tersisa supaya bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kantor BPPW, Malut. (istimewa)

Dia menambahkan, vaksinasi tersebut didampingi dokter dari Puskesmas Siko, Ternate Utara. Dokter tersebut mengawal dan mendiagnosis peserta yang memenuhi syarat atau yang belum karena memiliki tekanan darah tinggi, riwayat penyakit, dan sebagainya.

Baca:  Viral Tiga Remaja Diduga Hina Orang Ternate di TikTok Akhirnya Minta Maaf

“Jadi, dokter akan terus mendampingi hingga kegiatan ini selesai. Dokter lah yang memutuskan seseorang layak vaksin atau tidak. Dari BPPW Malut, sudah ada dua orang tertunda untuk divaksin karena tekanan darahnya tinggi,” tambahnya.

Lebih jauh, Fasri menuturkan, untuk vaksinasi tahap II akan berlangsung dua minggu kemudian pasca vaksinasi tahap I selesai. Vaksinasi tahap I pada hari pertama ini berjalan lancar dan tidak ada kendala sama sekali.

“Kami berharap vaksin yang terkirim ini bisa dimanfaatkan juga untuk masyarakat. Karena itu, kami akan lakukan koordinasi intens dengan pimpinan di pusat agar semaksimal mungkin vaksin yang masih tersisa tidak dikembalikan ke pusat tapi dapat dimanfaatkan di sini. Sebab, dengan vaksinasi herd imunity dapat tercapai,” tutupnya.

Baca:  Mengapa Suhu di Maluku Utara Berubah Dingin

Terpisah, salah satu peserta vaksinasi dari Balai Wilayah Sungai Malut, Ridho mengaku, pihaknya sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi tahap I. Menurutnya, vaksinasi dapat membantu pemerintah dalam mengejar target untuk mencapai kekebalan kelompok. Agar, negara bisa cepat pulih dan bangkit dari pandemi covid-19 yang sedang marak.

“Intinya, saya bisa ikut membantu pemerintah supaya Indonesia kembali pulih. Saya juga sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Rasanya, tidak sabar untuk menyambut vaksinasi tahap II,” singkat Ridho. (mg-01/adv/rul)

 

_

Laporan: Hasanuddin Arbi

Editor: Fahrul Marsaoly

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks