Plaza Gamalama dan Sport Hall Belum Difungsikan; Wali Kota: Harus Ada Perda

Plaza Gamalama Moderen. (Foto: Kieraha.com)

Ternate, malutpost.id — Meski Plaza Gamalama dan sport hall Marimoi Ternate sudah dinyatakan rampung, namun hingga kini belum difungsikan. Kedua fasilitas umum yang merupakan proyek multiyears itu telah menghabiskan anggaran lebih dari Rp100 miliar.

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman yang ditemui wartawan menyatakan, untuk bisa memfungsikan kedua fasilitas tersebut harus ada Perda (peraturan daerah) pengelolaan.

“Iya, dua bangunan itu masih ada pekerjaan lain. Belum lagi regulasi soal Perda yang belum selesai. Tapi sudah saya sampaikan ke DPRD soal penyiapan regulasinya,” jelas Tauhid di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Rabu (28/7/2021).

Di samping butuh Perda pengelolaan gedung yang rencananya dikelola pihak ketiga, menurut Tauhid, juga diperlukan adanya penilaian melalui lembaga Afrizal, agar melakukan perhitungan. “Soal ini kami telah berkoordinasi dengan pihak KPNL selaku lembaga pelelangan. Dan, penting juga ada tenaga bantuan melalui lembaga Afrizal pasca melakukan perhitungan dan penilaian,” jelasnya.

Kedua fasilitas publik yang terbilang mewah itu dibangun dan diresmikan Burhan Abdurahman, Wali Kota Ternate sebelumnya. Plaza Gamalama menghabiskan anggaran sekitar Rp92,5 miliar dengan pembiayaan 3 tahap. Sedangkan Sport Hall Marimoi menghabiskan anggaran sekitar Rp31,8 miliar.(mg-07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks