Nama Kapolres Halmahera Utara Dicatut untuk Peras Pengusaha

AKBP Tri Okta Hendri Yanto. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Nama Kapolres Halmahera Utara, Maluku Utara, AKBP Tri Okta Hendri Yanto dicatut oleh oknum tak bertanggung jawab untuk memeras pengusaha yang ada di Halut. Pelaku menyaru sebagai orang pertama di Polres Halut itu saat menelpon calon korban.

Informasi yang diterima malutpost.id, kapolres gadungan tersebut menelpon pengusaha menggunakan nomor ponsel 082347667373. Joni Sondak, salah satu pengusaha di Halmahera Utara mengaku ditelepon nomor tersebut pada 8 Juli 2021 lalu untuk meminjam uang Rp45 juta.

Pelaku berdalih, Polres Halut mendapat bantuan 3 unit mobil dari Mabes Polri sehingga perlu mengirim uang tersebut ke Mabes. Dalam rekaman percakapan, pelaku bahkan mengenal nama akrab korban yang dihubungi. Kepada Ko Cong–sapaan akrab Joni Sondak, pelaku meminta untuk mengirim uang melalui rekening BRI, setelah uang dikirim barulah datang melapor ke Polres Halut.

Baca:  Baru Lima Bulan Menikah, Pria yang Gantung Diri di Galela Diduga Depresi

“Itu bukti pengirimannya nanti diserahkan ke saya di ruangan saya atau nanti saya suru ajudan ambil di sana, jadi tolong di mengerti posisi saya Ko Cong ya, saya takut masalah pendanaan bisa merusak kinerja saya,”kata pelaku.

Pelaku mengaku, bendaharanya tengah berada di Ternate, sehingga uang tersebut akan diganti begitu bendahara tiba di Halut. Joni mengaku, telah menghubungi salah satu ajudan Kapolres dan menceritakan perihal tersebut. “Saya sudah hubungi ajudan Kapolres jadi ini foya cuma penipuan,”kata Joni saat dihubungi malutpost.id  via ponsel beberapa waktu lalu.

Sementara Kapolres, AKBP Tri Okta Hendri Yanto meminta masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya kepada orang yang mengaku sebagai dirinya. Dia meminta agar, masyarakat langsung melapor ke petugas kepolisian. “Saya menghimbau untuk hati-hati jangan mudah percaya kepada orang yang mengaku-ngaku sebagai kapolres yang meminta sejumlah uang sesuatu,”ujarnya.

Baca:  NHM Bantu Bangun Rumah Adat Suku Boeng, Kini Diresmikan

Salah satu ajudan Kapolres Halut, juga mengaku, peristiwa tersebut juga pernah dialami salah satu pejabat di Pemda Halut, namun dirinya telah datang melapor ke Polres Halut. “Dan kepala dinas itu sudah datang menghadap, jadi bapak bilang itu penipuan,”ujarnya. (ikh)

 

_

Laporan: Tim

Editor: Ikram Salim

 

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks