Mubin: Kepala Daerah yang Bertengkar itu Contoh Buruk

Mubin A. Wahid. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Anggota DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, Mubin A. Wahid menyoroti hubungan tidak harmonis antara Wali Kota M Tauhid dan Wakil Wali Kota Jasri Usman. Bagi Mubin, sikap pasangan berjargon TULUS itu mencerminkan contoh tidak baik bagi masyarakat Ternate.

“Bagaimana mereka bisa pimpin daerah dengan baik, kalau pemerintah tingkat atas selalu bertengkar. Apakah mereka bisa melihat rakyat sebanyak ini, kalau masalah internal saja tidak bisa diselesaikan. Sebagai pemimpin itu harus lebih dewasa,” tegas Mubin kepada malutpost.id, Rabu (28/7/2021).

Mubin menjelaskan, Wakil Wali Kota memiliki peran dalam pemerintahan dan birokrasi. Kewenangan orang nomor ini, jelas Mubin, diatur dalam Pasal 66 ayat 1 UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal tersebut menyebutkan, wakil kepala daerah bertugas membantu kepala dareah dan seterusnya.

Baca:  Kolengsusu: Penataan Pasar di Ternate Membingungkan karena Dikelola 2 OPD

“Dengan begitu wajib hukumnya, setiap kebijakan harus saling dikoordinasikan satu sama lain. Sehingga kebijakan yang diambil wali kota, bisa diketahui wawali,”papar politisi PKS itu.

Dia bilang, apa yang terjadi di Pemkot Ternate menunjukan lemahnya koordinasi dua kepala daerah. mantan Wakil Ketua Dekot Ternate itu meminta Tauhid dan Jasri membangun kembali kemesraan agar program yang dicanangkan bisa terealisasi ke masyarakat.

“Fungsi wawali itu membantu menjalankan program pemerintah seperti 100 hari kerja. Agar tujuan pemerintah bisa berjalan dengan baik. Kalau wawali tidak dilibatkan dalam setiap kebijakan, yang jelas akan jadi masalah dalam tata kelola pemerintahan dan akan berimbas pada masyarakat,” ungkapnya.

“Jangan hanya mengurus kesibukan internal, lalu mengabaikan kesibukan masyarakat banyak. Tetapi harus mencari solusi terbaik,” pungkasnya. (mg-05)

Baca:  Safia Minta Diganti dari Sekwan, Begini Respon Wawali Ternate

 

_

Laporan: Irham Hi. A. Rahman

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks