Kemendes Pastikan Penyaluran BLT DD Tahap I di Malut Tuntas 100 Persen

Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. H Yusran, M.Pd. (istimewa)

Ternate malutpost.id – Kementerian Desa memastikan penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa (DD) tahap I untuk 1.063 desa tuntas 100 persen. Sementara tahap II baru dua kabupaten/kota yang sudah melakukan pencairan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. H Yusran, M.Pd setelah turun langsung memeriksa dan memastikan proses penyaluran itu.

Ditemui malutpost.id, Rabu (28/7/2021) di Sekretariat Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Provinsi Maluku Utara, Yusran mengatakan penyaluran BLT DD dilakukan dalam 3 tahap. “BLT DD untuk tahap II, baru Kabupaten Pulau Taliabu dan Kota Tidore Kepulauan yang sudah melakukan pencairan, “ katanya.

Baca:  Gempa Tektonik di Subaim Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Pencairan tahap II untuk Taliabu belum seratus persen. Dari 71 desa baru 44 desa yang sudah menerima BLT DD. Sedangkan Kota Tidore Kepulauan, dari 49 desa baru 23 desa yang dicairkan BLT DD-nya. “Beberapa desa yang belum menerima pencairan BLT DD ini disebabkan dokumen belum falid,” ujarnya.

Dia menyebutkan, BLT ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Penerima BLT ini merupakan warga yang telah ditentukan melalui musyawarah desa. “Untuk kelancaran proses penyaluran BLT tersebut dibutuhkan peran pemerintah daerah terutama memenuhi persyaratan dokumen,” tambah Yusran.(mg-08)

 

_

Laporan: Taslim T. Laher
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks