PPKM Level 4, Siap-siap Syarat Perjalanan ke Halmahera Barat Diperketat

Aktivitas di pelabuhan speedboat Mangga Dua, Ternate. (Foto: Ikh/malutpost.id)

Ternate malutpost.id –Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara masuk daerah yang akan menerapkan PPKM (Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat) Level 4 yang berlangsung selama 26 Juli hingga 2 Agustus. Ada 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang akan menerapkan PPKM Level 4. Keputusan ini diumumkan langsung Presiden Joko Widodo, Minggu (25/7/2021).

Terkait keputusan itu, Kantor KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas II Ternate, mulai bersiap menindaklanjuti keputusan tersebut. Hanya saja, penerapannya masih menunggu edaran resmi dari Tim Satgas Covid-19 kabupaten/kota.

“Jika pelaku perjalanan diminta untuk tes PCR (polymerace chain reaction, Red) dan tes antigen, kita tetap berlakukan,”ungkapnya Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas II Ternate, Miraza Polpoke, Senin (26/7/2021).

Dia menjelaskan, kebijakan PPKM Level 4 mengharuskan petugas pelabuhan untuk lebih ketat terkait syarat perjalanan bagi pelaku pengguna transportasi laut. Dia menjelaskan, ada dua pelabuhan di Ternate dengan rute ke Halbar yakni Pelabuhan Dufa-Dufa dan pelabuhan speedboat Sidangoli di Gamalama. “Kami tetap ikut dan tunduk, “ujar Miraza.

Dia memastikan, akan ada potensi “pelabuhan tikus” yang digunakan calon penumpang untuk bisa keluar dari Ternate atau Jailolo. “Hal ini disebabkan karena ketakutan pelaku perjalanan yang diminta untuk tes PCR dan antigen, “pungkasnya. (mg-08)

 

_

Laporan: Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks