Peserta BPJS Baru 30 Persen, Dinkes dan Kantor BPJS Taliabu Terus Sosialisasi

Kegiatan sosialisasi BPJS di Taliabu, Jumat (23/7/2021). (istimewa)

Bobong, malutpost.id — Untuk meningkatkan kepesertaan BPJS (Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial) di Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Dinas Kesehatan Taliabu gandeng Kantor BPJS, Dinas Sosial, Disdukcapil dan DPMD Pulau Taliabu mensosialisasi manfaat kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) Indonesia Sehat.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Bupati Taliabu, Jumat (23/7/2021) itu menghadirkan seluruh kepala desa se-Kabupaten Taliabu dengan narasumber, yakni Sekretaris Daerah Pulau Taliabu, Salim Ganiru, Kepala BPJS Taliabu, Rosita Umagapi dan dipandu oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kuraisia Marsaoly.

Kepada malutpost.id, Jumat (23/7/2021) mengatakan, kegiatan ini untuk menambah pengetahuan kepala desa dan mendorong peningkatan kepesertaan BPJS di Pulau Taliabu, kerena itu menghadirkan kepala desa di 71 desa di Taliabu. “Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk menambah pengetahuan aparat desa,” singkatnya.

Baca:  Pulang Kampung, Bupati Kepulauan Sula Disambut dengan Tarian Cakalele

Kepala Dinas DPMD Mansuh Mudo, menuturkan, kehadirannya untuk memfasilitasi kepala desa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kades di seluruh Taliabu. Dia berharap setelah mendapat materi para kades bisa memberi pemahaman ke masyarakat tentang betapa pentingnya menjadi kepesertaan BPJS karena pemegang kartu BPJS sangat membatu masyarakat kurang mampu ketika sakit.

“Saya minta para kades berikan pemahaman yang baik tentang pentingnya kepesertaan BPJS di Pulau Taliabu,” harapnya.

Sementara, Kepala BPJS Taliabu, Rosita Umagapi menyatakan, jumlah kepesertaan BPJS di Pulau Taliabu saat ini sebanyak 20.934 atau baru 35 persen. Menurutnya, peserta yang belum mendaftar sebanyak 38.698 (60 persen) dari total jumlah penduduk Pulau Taliabu 59.632 orang.

Baca:  Pemdes Kawalo, Taliabu Salurkan BLT Tahap II

Meski peserta yang terdaftar masih terbilang rendah namun Rosita mengaku tren peningkatan kepesertaan setiap tahun mengalami peningkatan. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini kedepan kepesertaan BPJS di Kabupaten Pulau Taliabu mengalami peningkatan,” tandasnya. (mg02)

 

_

Laporan: Sukasno Sangaji

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks