Berkah Kolaborasi Bold Riders dan Super Friends Ternate, Idul Adha Terasa Meriah

Kegiatan kurban. (istmewa)

Ternate, malutpost.id — Bold Riders dan Super Friends Ternate berkolaborasi merayakan Idul Adha 1442H dengan melakukan kurban bersama. Komunitas tersebut adalah Canga CB Galela, Kawasaki Ninja Ternate Club, Maxi Malut Community, CB Ragat, GSX Club Indonesia (GCI) Malut dan Suzuki Satria FU Club Ternate yang tergabung dalam Bold Riders Ternate. Sementara Pecinta Alam Karfapala Unkhair mewakili Super Friends.

Koordinator Acara Imran Fauzi Lamusu menyampaikan, 7 komunitas tersebut berhasil menyumbangkan 8 ekor kambing hasil donasi bersama. Penyembelihan dan pendistribusian daging kambing dilakukan serentak di masing-masing lingkungan komunitas.

“Kegiatan kurban ini menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antar member komunitas di Ternate, khususnya untuk Super Friends dan Bold Riders. Antusiasme yang besar dari para member komunitas bersama anggotanya menjadi bukti bahwa kegiatan ini punya arti besar,” ujar Imran di Ternate, Kamis (22/7/2021).

Baca:  Pembeli Menurun, Bahan Baku Mahal, Perajin Bambu di Tongole ”Menjerit”

Distribusi paket daging kurban dilakukan secara merata kepada masyarakat yang kerap berinteraksi dengan komunitas. Contohnya komunitas Canga CB Galela mendistribusikan paket daging kurban ke Desa Soasio, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara.

Di lain tempat, perwakilan mahasiswa dari Komunitas Pecinta Alam Karfapala Unkhair mendistribusikan daging kurban di lingkungan kampus. Komunitas ini menyasar pembagian paket kepada para mahasiswa yang tidak bisa pulang ke kampung halaman karena penyekatan antar daerah.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama,”tandas Imran.

Kegiatan kurban komunitas. (istimewa)

Dalam program sosial ini, kata Imran, sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur ikut terlibat. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca:  Meramu Rempah di Ketinggian 600 mdpl Punggung Gamalama

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

“Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan,”kata Imran.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Baca:  Pembeli Menurun, Bahan Baku Mahal, Perajin Bambu di Tongole ”Menjerit”

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes
Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (ikh/pn)

 

_

Laporan: Tim

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks