Puskesmas Batang Dua Butuh Stok Oksigen

Nurbaity Radjabessy. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Puskesmas di Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate membutuhkan oksigen. Kebutuhan itu terkait meningkatnya pasien dengan gejala sesak nafas.

Selain tabung oksigen, beberapa fasilitas penanganan Covid-19 juga perlu segera didistribusi ke wilayah pulau yang terletak antara Ternate dan Manado itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy mengakui kebutuhan oksigen dan fasilitas kesehatan di Batang Dua. Hasil kunjungan ke daerah itu bersama Wali Kota M Tauhid Soleman Kamis (23/7/2021) kemarin, Nurbaity menyatakan, fasilitas penanganan Covid-19 di Batang Dua masih kurang. “Selain oksigen yang cukup urgen, APD, sarung tangan, tes PCR, tes antigen juga dibutuhkan saat ini,” tandas Nurbaity kepada malutpost.id, Jumat (24/7/2021).

Dia menyatakan sebelumnya, Kapus (Kepala Puskesmas) Batang Dua meminta oksigen. Pihak Dinas Kesehatan mendistribusi 3 tabung, lalu 3 tabung lagi dibawa saat kunjungan kemarin. Distribusi oksigen secara bertahap itu, menurut Kadis Kesehatan dikarenakan hampir semua rumah sakit di Maluku Utara juga butuh sehingga harus diatur system distribusinya.

”Dalam waktu dekat kita bakal distribusi oksigen serta obat Covid. Obat Covid kita masih tunggu dari pusat,” katanya.

Setelah meninjau kondisi di Batang Dua, Nurbaity meminta agar Kapus lebih intens melakukan koordinasi soal kebutuhan fasilitas terkait dengan penanganan Covid. Menurutnya, Batang Dua sudah berstatus zona kuning.

“Memang kemarin kita pantau di Kelurahan Mayau, banyak warga mengalami gejala batuk, demam, dan sesak nafas. Namun, setelah kita periksa orang yang sakit tersebut ternyata ada 18 yang dinyatakan negatif,” akunya.(mg-07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks