Trend Kasus Covid Pasca Lebaran Terlihat Pekan Depan

Ilustrasi Covid-19. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Hari ketiga Lebaran Idul Adha, trend kasus Covid-19 belum terlihat adanya kenaikan. Meski awalnya dikhawatirkan peningkatan aktifitas sosial masyarakat di momen Lebaran itu dapat memicu angka kasus positif.

Aktifitas RSUD Chasan Boesoirie Ternate yang merupakan rumah sakit rujukan pasien Covid-19, sampai hari ini belum menunjukkan adanya indikasi peningkatan kasus positif. Penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit itu masih sama dengan hari-hari sebelumnya.

“Belum bisa memastikan ada peningkatan kasus atau tidak. Biasanya, seminggu setelah peningkatan aktifitas sosial masyarakat barulah bisa terlihat dampaknya,” jelas Direktur RSUD Chasan Boesoeiri, dr. Syamsul Bahri kepada malutpost.id, Kamis (22/7/2021).

Dia menyebutkan, penanganan pasien covid 19, harus didukung dengan fasilitas, salah satunya tempat tidur. Sesuai dengan persyaratan dari Kementerian Kesehatan, harus sediakan 50 persen dari maksimal penyediaan tempat tidur untuk rumah sakit rujukan. “50 persen berarti 150 tempat tidur. Di RSUD ini kami disiapkan sebanyak 180 tempat tidur. Berarti sudah lebih dari yang ditentukan,” tandasnya.

Dia menambahkan, dari tempat tidur yang disedikan itu, yang terisi sekitar 125 pasien. “Sebagian pasien sudah sembuh dan pulang ke rumah. Dan ada juga yang baru datang. Jadi tempat tidur pasien yang disediakan memadai, karena saling bergantian.” pungkasnya. (mg-05)

 

_

Laporan: Irham Hi. A. Rahman
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar

CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks