Sampah di Ternate Meningkat setelah Lebaran Idul Adha

Protes warga Salahudin beberapa waktu lalu soal sampah. (Foto: Cermat)

Ternate, malutpost.id — Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara mengungkapkan produksi sampah meningkat sejak hari pertama lebaran Idul Adha 1442 Hijriyah.

Kadis DLH Kota Ternate, Tonny S. Pontoh melalui Kepala Bidang Persampahan, Yus Karim menjelaskan, produksi sampah di Kota Ternate sebelum lebaran Idul Adha mencapai 60-80 ton per hari.

Namun, saat lebaran hari pertama hingga saat ini jumlah meningkat drastis hingga 100 ton lebih per hari. Menurutnya, meningkatnya produksi sampah itu sebagian besar sampah basah, seperti kotoran hewan kurban dan sebagainya.

“Kemarin karena hari pertama lebaran armada libur, sehingga ada satu tempat pembuangan sampah di Sangaji Utara sampahnya banyak dan belum sempat diangkut sehingga warga robokkan TPS tersebut, tetapi besoknya para armada sudah angkut sampah di TPS tersebut,” tandasnya kepada malutpost.id, Kamis (22/7/2021).

Yus mengungkapkan, kelurahan dengan produksi sampah terbanyak setelah lebaran di antaranya, Kelurahan Santiong dan Fala Jawa Dua Kecamatan Ternate Tengah, serta Kalumata, Ternate Selatan.

“Tiga Kelurahan itu para armada angkut sampah bahkan sampai dua hingga kita kali dalam sehari, itu sampah basah semua, sampah meningkat lantaran produksi sampah dari tiga kelurahan itu, jadi armada kita juga kawalahan,” ujarnya. (mg-07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks