Berkas Tersangka Aborsi Sudah Tahap Satu

IPTU Joni Aryanto. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Utara Kota Ternate menyatakan berkas kasus dugaan aborsi yang menyeret sepasang kekasih, AF (20) dan ML (21) sudah masuk tahap satu. “Penetapannya sejak Senin kemarin,” kata Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni Aryanto kepada malutpost.id, Kamis (22/7/2021).

Kedua tersangka sebelumnya diamankan di salah satu kos-kosan di Kelurahan Akehuda, pada Mei lalu. Diduga keduanya melakukan tindakan aborsi terhadap janin akibat hubungan terlarang. Pihak Polsek tinggal menunggu petunjuk dari pihak kejaksaan. “Apakah ada P-19 atau langsung P-21,” jelasnya.

Kata Joni, ML saat ini masih ditahan di rutan Mapolsek. Sedangkan AF tidak dilakukan penahanan dengan alasan masih melakukan pengobatan. “Untuk perempuan kami lakukan wajib lapor, karena dalam rangka berobat beberapa hari belakangan,” katanya.

Baca:  Unjuk Rasa Tuntut Polda Seriusi Kasus Pembunuhan di Hutan Halmahera

Seperti diketahui sepasang kekasih yang masih berstatus mahasiswa di dua perguruan tinggi berbeda itu diduga melakukan aborsi di salah satu kamar di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara. Perbuatan keduanya terungkap setelah AF dan pacarnya ML datang melakukan pemeriksaan kondisi badan di Rumah Sakit (RS) Islam Ternate.

Saat melakukan pemeriksaan, petugas kesehatan merasa curiga karena kondisi AF lemah dan pucat. Untuk memastikan hasil pengamatan, petugas kesehatan langsung mendatangi kamar kos tersebut. Bersama dengan pemilik kos dan langsung melaporkan ke warga dan Babinsa setempat.

Dari hasil olah TKP oleh Petugas Polsek Ternate Utara mengamankan sejumlah barang bukti berupa kain yang bercak darah, pakaian dalam dan janin yang dibungkus kain dan tas plastik dalam kardus. Usai mengamankan barang Bukti tersangka AF kemudian dibawa rumah sakit terdekat guna kepentingan penyeledikan.

Baca:  Rutan Ternate Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Sedangkan ML melarikan diri. Dia berhasil diamankan Tim Unit Subdit III Reserse Mobil (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut pada Rabu, 2 Juni 2021 di rumahnya di Kelurahan Kalumata Ternate Selatan. (mg-06).

 

_

Laporan: Muhlis Idrus
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks