Curhat Pedagang Busana Muslim, Omset Malah Menurun jelang Lebaran

Tempat penjualan busana muslim tampak lengang jelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriah, Minggu (18/7/2021). (Foto: Taslim/malutpost.id)

Ternate malutpost.id — Pedagang busana muslim yang berjualan di depan Masjid Al Munawar Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara mengeluh omset penjualan mereka menurun dratis jelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriyah. Biasanya, sepekan jelang lebaran dagangan mereka laris manis.

Amatan malutpost.id, Minggu (18/7/2021), lapak pedagang yang khusus menjual busana muslim itu sepi. Roslan Man, salah satu pedagang saat diwawancarai mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat hingga masuk zona merah, membuat warga mulai takut keluar rumah. “Ini membuat daganga kita tidak laris atau tidak laku, “ungkapnya.

Baca:  Honda Berikan Promo Khusus Bagi Konsumen yang Sudah Vaksin

Apalagi, lanjut Roslan, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan soal pembatasan aktivitas masyarakat pada malam hari hingga pukul 22.00 WIT, juga berpengaruh pada pendapatan mereka setiap hari. “Kami hanya beroperasi dari pagi hingga pukul 10 malam sudah ditutup. Kebijakan tersebut berdampak pada pendapatan per hari, “katanya.

Senada, Rosdiana Ibrahim menuturkan, sebelum pandemi Covid-19, sepekan jelang lebaran Idul Adha pendapatan dalam sehari bisa mencapai Rp3-4 juta. “Setelah adanya virus pandapatan mulai turun dalam satu hari hanya capai Rp500 ribu paling tinggi Rp1 juta, itu pun tidak menentu,”ujarnya.

Rosdiana mengaku, kebijakan pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) oleh pemerintah pusat ikut berdampak pada perputaran ekonomi bagi pelaku usaha kecil menengah di Ternate. “Karena stok barang diambil dari Jakarta dengan harga yang tinggi, kini tidak bisa dijual dengan angka yang lebih tinggi, karena permintaan menurun,”tandasnya. (mg-08)

Baca:  Pasar Sepi, Ikan Melimpah, Harga Turun

 

_

Pelapor : Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks