Harga Daging Sapi dan Ayam Naik

Pasar daging di Ternate, Minggu (18/7/2021). (Foto: Taslim/malutpost.id)

Ternate malutpost.id — Menjelang Idul Adha 1442 Hijriah, harga daging sapi merangkak naik. Sejak Jumat lalu, daging sapi yang dijual di pasar Ternate naik jadi Rp150 ribu/kg. Sebelumnya hanya Rp130 ribu/kg.

Ketua Asosiasi Pengusaha Sapi dan Kerbau, Ibrahim Hamid saat ditemui malutpost.id, Minggu (18/7/2021) mengakui adanya trend kenaikan tersebut. Dia bahkan memprediksi akan terjadi kenaikan harga pada beberapa hari mendatang.

Pasalnya, kebutuhan sapi meningkat jelang Lebaran, namun banyak sapi yang dikirim ke Sulawesi, Jayapura, dan Kalimantan. “Sementara stok daging sapi yang masuk Malut saat ini nihil,” tandasnya.

Keterbatasan stok sapi itu juga dikarenakan pembelian sapi kurban di Kota Ternate yang cukup tinggi. “Selain pembelian sapi untuk kurban, banyak warga yang memilih membeli daging sapi untuk disajikan pada momentum Lebaran Idul Adha,” tambahnya.

Sementara itu, ayam daging di pasaran Ternate juga mengalami kenaikan. Biasanya, harga per kg pada kisaran Rp35 ribu/ekor naik jadi Rp43 ribu. ”Harganya bervariasi tergantung ukuran per ekor,” jelas Anang, salah seorang pedagang.

Menurut dia, kenaikan harga ayam potong merupakan hal yang wajar karena terjadi di saat jelang hari raya. “Apalagi Idul Fitri dan Idul Adha,” tambahnya.(mg-08)

 

_

Pelapor: Taslim T. Laher
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks