Basarnas Ternate Akhirnya Temukan KMN Usaha Baru 65

Pencarian yang dilakukan Basarnas Ternate, Minggu (18/7/2021). (istimewa)

Ternate malutpost.id — KMN (Kapal Motor Nelayan) KMN Usaha Baru 65 yang dilaporkan mengalami kerusakan mesin dan hanyut pada Sabtu, 17 Juli kemarin, akhirnya ditemukan Basarnas Ternate di perairan Pulau Bisa Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu (18/7/2021) pagi.

Informasi yang dihimpun malutpost.id menyebutkan, kapal ini dilaporkan mengalami kerusakan oleh seorang ibu bernama Upi ke pihak Basarnas Ternate Unit Siaga Sar Bacan. Laporan itu diterima pihak Basarnas pada pukul 20.55 WIT di Perairan Pulau Bisa.

Kapal yang memuat 18 orang nelayan dan ABK itu dikabarkan mengalami kerusakaan mesin saat sedang menangkap ikan di tengah laut. Kerusakan dialami sejak pukul 12.00 WIT namun baru diketahui hampir 10 jam kemudian.

Atas laporan itu, Basarnas menerjunkan Team Rescue Unit Siaga Sar Bacan pada pukul 21.15 WIT untuk melakukan pencarian ke lokasi. Tim yang beranggotakan 12 personil itu menggunakan Kapal RB 309 Basarnas Ternate. Selain personil Basarnas, pencarian juga dilakukan personil dari Pos TNI Angkatan Laut Bacan serta pihak keluarga.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah kepada malutpost.id menjelaskan, Minggu dini hari, sekitar pukul 00.22 WIT, tim sudah mencapai lokasi yang diduga sebagai tempat awal kapal dilaporkan mengalami kerusakan.

Dia menambahkan, setelah dalam perjalanan kembali ke Pelabuhan Panambuang pada pukul 07.00 WIT, tim Basarnas berhasil menemukan KMN Usaha Baru 65 di koordinat kurang lebih 15,46 nm arah barat laut dari LKP. Setelah melakukan perbaikan mesin, kapal nelayan ini akhirnya bisa kembali dengan kawalan Kapal RB 309. (mg-08)

 

_

Pelapor: Taslim T. Laher
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks