2 Kapal ke Bacan Gagal Berlayar, Ratusan Penumpang Berdesakan di Dermaga

Ratusan penumpang berdesak-desakan di dermaga Pelabuhan Bastiong

Ternate, malutpost.id—Gelombang yang cukup tinggi disertai angin saat cuaca ekstrim menyebabkan dua kapal rute Ternate-Bacan dilarang berlayar. Akibatnya, ratusan penumpangnya berdesak-desakan di dermaga Bastiong sejak Sabtu (17/7/2021) malam hingga Minggu (18/7/2021) pagi.

Pantauan malutpost.id Minggu (18/7/2021) pagi di Pelanbuhan Bastiong, ratusan penumpang menunggu rencana keberangkatan mereka yang tertunda sejak Sabtu malam. Sebagian bertahan di atas kapal yang sandar. Sebagian lagi berdedak-desakan di dermaga. Kedua kapal ke Bacan yang dilarang berlayar itu masing-masing KM Obi Permain dengan tujuan Pelabuhan Kupal dan KM Satria 99 Ekspres dengan tujuan Pelabuhan Babang. Selain itu, sejumlah kapal kecil dengan rute Kayoa dan Makian juga tidak dizinkan berlayar oleh otoritas pelabuhan.

Larangan berlayar ini dilakukan pihak otoritas pelabuhan itu sebagai tindak lanjut atas laporan BMKG tentang tinggi gelombang di beberapa perairan Maluku Utara mencapai 2,5 hingga 4 meter. “Makanya kapal belum diizinkan berlyar,” ujar sumber di otoritas pelabuhan. Hingga berita ini disajikan, kapal-kapal yang tidak dizinkan berlayar itu dipindahkan ke Pelabuhan Ahmad Yani akibat terpaan ombak di Pelabuhan Bastiong cukup kencang.(mg_08)

Laporan: Taslim T. Laher
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks