Jalan Menuju Makam Sultan Baabullah Tertimbun Longsor

Warga Kelurahan Foramadiahi membersihkan material longsor yang menimbun jalan menuju makam Sultan Baabullah, Sabtu (17/7/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Curah hujan tinggi yang melanda wilayah Maluku Utara menyebabkan kawasan rawan longsor menjadi rentan akibat dari pengikisan air hujan. Sejumlah kawasan di Kota Ternate dilanda tanah longsor dan pohon tumbang.

Seperti di Kecamatan Pulau Ternate terdapat 4 kelurahan yang dilanda bencana seperti Kelurahan Rua, Afe Taduma, Dorpedu,  dan Kelurahan Fora Madiahi. Kelurahan Foramadiahi misalnya, terjadi longsor di jalan menuju makam Sultan Baabullah. Material tanah menimbun badan jalan dan menutup akses keluar masuk jalan setapak tersebut.

Rudy warga setempat mengatakan, longsor tersebut akibat dari curah hujan tinggi pada malam hari. Akibatnya, tebing setinggi 70 meter amblas lalu menimbun badan jalan. Selain akses utama menuju makam Sultan, jalan tersebut juga menjadi jalan kebun warga.”Sejauh ini sudah dilakukan pembersihan dengan alat seadanya seperti pacul dan sekop,”sebutnya.

Baca:  Polda Siapkan Mobil Layanan Antar Jemput Warga yang Mau Vaksin

Sementara Lurah Foramadiahi Zaenal Abjan membenarkan bahwa telah terjadi longsor di jalan menuju makam Sultan Baabullah dan sudah dibersihkan oleh warga.”Peristiwa tersebut pada malam hari,”jelasnya.(tr-03)

 

_

Peliput : Muhatir Badaruddin

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks