Soal Refocusing Jilid III, Ketua Dekot: Pemkot Harus Menyesuaikan 

Muhajirin Bailusy. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Ketua DPRD Kota Ternate, Mahajirin Bailusy menanggapi pernyataan Wali Kota Ternate soal refocusing anggaran jilid III. Menurut politisi PKB ini, jika nanti Pemkot menerima instruksi secara resmi dari pemerintah pusat, maka harus bisa menyesuaikan.

Sebelumnya, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengaku belum menerima surat secara resmi terkait instruksi tersebut. Mantan Sekkot Ternate ini juga menyatakan, jika instruksi itu ada, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa.

Rencana kebijakan refocusing jilid III untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi itu memberi dilema bagi Pemkot Ternate. Kondisi keuangan daerah, termasuk rendahnya capaian PAD sangat mempengaruhi implementasi kebijakan anggaran.

Hal itu juga difahami Dekot. Menurut Mahajirin, saat ini Pemkot juga pusing karena kondisi keuangan daerah. Tetapi jika benar ada refocusing lagi di tingkat daerah, maka Pemkot harus siap dan menyesuaikan.

“Tentu penyesuaian untuk refocusing selama tidak menganggu dan memberatkan Pemkot. Karena itu, jika instruksi itu sudah ada suratnya, kita akan sama-sama lihat. Misalnya, apakah dalam surat edaran tersebut menegaskan soal sanksi jika tidak melakukan refocusing? Jika ada sanksi, maka otomatis Pemkot harus menyesuaikan,” tandasnya, Kamis (15/7/2021).

Dia berharap Pemkot segera menyampaikan surat ke DPRD Kota Ternate apabila instruksi refocusing itu telah diterima secara resmi dari pusat. “Agar teman-teman legislatif juga tahu, dan prinsipnya kita akan melakukan pengawasan. Nanti Pemkot juga yang bisa melihat kondisi keungan dan menyampaikan kondisinya seperti apa,” sambungnya.(mg-07)

 

_

Peliput : Faisal Sidik

Editor   : Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks