Jalan Raya bak Sawah, Warga Taliabu Tanam Kelapa di Tengah Jalan

Warga tanam pisang di badan jalan yang berlumpur sebagai protes kepada pemerintah, Kamis (15/7/2021). (istimewa)

Bobong, malutpost.id — Akses jalan di Desa Lede, Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara rusak berat tak kunjung diperbaiki. Warga yang geram akhirnya menanam pohon kelapa di atas jalan berlumpur tersebut, Kamis (15/7/2021).

Ketua Himpunan Mahasiswa Taliabu, Juris Gunawan kepada malutpost.id, Kamis (15/7) mengatakan, aksi warga itu bentuk kritikan terhadap Pemda Taliabu yang dinilai tutup mata. Kata dia, jalan tersebut sebelumnya pernah diaspal namun mulai berlubang dan rusak parah akibat dilintasi alat berat seperti eksavaktor dan truk yang mengangkut material.

Menurutnya, jalan berlumpur mengancam keselamatan pengendara yang melintas. Dia meminta kepada pemilik alat berat ikut bertanggungjawab atas kerusakan jalan tersebut.”Saya akan konsolidasi untuk turun aksi di pemda, minta jalan yang rusak itu secepatnya diperbaiki,”tegasnya.

Baca:  Anggelika Siap Bertarung Lawan Petahana di Pilkades Nunca, Taliabu

Semantara Kepala Dinas PUPR, Suprayidno dikonfirmasi melalui telepon meminta warga untuk bersabar. Pasalnya, sebagian besar anggaran fisik di PUPR untuk jalan digeser karena refocusing. Dia berjanji segera membangun jalan tersebut begitu anggaran kembali normal.

“Taliabu masih banyak butuh jembatan dan fasilitas lainnya namun karena anggaran di PUPR sejak 2020 lalu hingga saat ini banyak refocusing sehingga banyak kegiatan yang tidak jalan. Saya berharap kalau bisa anggaran di Dinas PUPR tidak direfocusing karena Taliabu saat ini masih membutuhkan banyak anggaran untuk pembangunan,” singkatnya. (mg-02)

 

_

Peliput : Sukasno Sangaji

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks