Dekat dengan PDAM, Warga Tubo, Ternate Tetap Krisis Air Bersih

Ilustrasi air bersih. (Foto: Ikram/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id — Meski dekat dengan kantor PDAM (Perusahan Daerah Air Minum) tak menjamin warga di Kelurahan Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Utara mendapatkan pelayanan air bersih yang maksimal. Sudah 4 hari ini, kelurahan yang hanya berjarak sekilo dari kantor PDAM itu tak teraliri air bersih. Alhasil, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli di depot air.

“Saya harus beli 1 profil tank itu harganya Rp70 ribu, ini untuk minum dan kebutuhan lainnya,”kata Wandi salah satu warga Tubo kepada malutpost.id, Kamis (15/7/2021).

Wandi bilang, air menjadi kebutuhan mendasar dan mendesak. Untuk itu, Dia bertekad tak akan membayar tagihan air bulan ini, jika air tak berjalan selama sebulan. “Kalau sampai satu bulan ya kita tidak bayar,”katanya.

Sementara Direktur Utama PDAM Kota Ternate, Tamrin Alwi kepada malutpost.id menjelaskan, ada dua kelurahan yang memang tidak teraliri air yakni Tubo dan Tongole. Penyebabnya, kata Tamrin, ada pompa air yang di daerah tersebut rusak dan sementara dalam proses perbaikan.

“Saat ini kita sudah perbaiki pompa, jadi Tubo dan Tongolo itu sumbernya satu penampungan baik air saja,” katanya.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy meminta PDAM memperhatikan setiap keluhan masyarakat soal air bersih. Apalagi, penanganan air bersih masuk dalam program 100 kerja hari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman dan Jasri Usman.

“Wali kota segeralah lakukan evaluasi, kalau masa Plt sudah selesai segera menetapkan siapa yang menjadi dirut defenitif,”katanya saat ditemui di halaman kantor Wali Kota Ternate siang tadi.

Sementara Wali Kota M Tauhid Soleman menuturkan, semua keluhan masyarakat langsung ia sampaikan ke Dirut PDAM untuk menindakalnjuti. Menurutnya, ada pompa air yang rusak sehingga sementara dalam proses perbaikan. “Saya terus mengevaluasi kinerja termasuk PDAM, sekarang kita fokus evaluasi SKPD dulu,”tandasnya. (mg-07)

 

_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks