Penjelasan Wali Kota Ternate Setelah Copot Kadis PUPR

M Tauhid Soleman. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman akhirnya angkat bicara soal pengcopotan Risval Tri Bidiyanto dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Kepada awak media Tauhid menjelaskan alasannya mencopot Risval karena tidak disiplin menjelaskan tugasnya. Salah satunya soal ketidakhadiran Risval setiap kali rapat kepala dinas dengan wali kota. Menurut Tauhid, Risval lebih sering mengutus Sekretaris Dinas atau Kepala Bidang.

Bahkan, Tauhid mengaku mulai mengevaluasi kinerja seluruh jajarannya termasuk Risval sejak dilantik pada 26 Mei lalu. Sehingga pencopotannya sudah melalui berbagai pertimbangan dan mekanismenya.

“Saya kira di SK itu sudah jelas, dan itu sudah menjadi kebijakan. Terkait dengan kedisiplinan, memang pertimbangannya banyak hal, saya ini lebih paham, sebelumnya saya menjabat Sekkot lama jadi saya tidak paham bagaimana,”tegas Tauhid, Selasa (13/7/2021).

Dia mengatakan, sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Pemerintah Kota Ternate, secara otomatis dirinya berhak melakukan evaluasi dan penilaian bahkan mutasi pejabat dijajaranya.

Di singgung selain Risval, masih ada pimpinan SKPD lain lagi yang hendak dicopot. Tauhid hanya memberikan jawaban diplomtis. “Nanti dilihat lagi kinerja para pimpinan SKPD perkembangannya bagaimana,”katanya.

Di ketahui, pencopotan Risval tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Nomor 821.2/KEP/2043/2021 tertanggal 9 Juli 2021, dan Wali Kota menunjuk Staf Ahli Wali Kota, Isnaini Pansiraju sebagai pelaksana tugas.

Dalam surat tersebut, Risval dimutasi menjadi fungsional umum pada Dinas PUPR Kota Ternate. Tidak ada penjelasan sebab Risval dicopot dari posisinya. Namun, salah satu dasar pemberhentian itu yakni Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 3 ayat (17) dan Pasal 4 ayat (11) tentang kewajiban dan larangan PNS. (mg-07)

 

_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks