Pasar Sepi, Ikan Melimpah, Harga Turun

Aktivitas pedagang ikan di Pasar Higienis, Ternate

Ternate malutpost.id – Penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat akibat peningkatan kasus Covid-19 membuat pasar di Kota Ternate sepi pengunjung. Sementara produksi ikan yang dipasok nelayan melimpah. Akibatnya kurangnya pembeli, harga ikan pun turun drastis.

Pantauan malutpost.id Selasa (13/7/2021) pagi di Pasar Higienis dan tempat pelelangan ikan (TPI) Bastiong harga ikan cakalang ukuran besar turun dari Rp100 ribu sebelumnya menjadi Rp80 ribu/ekor.

Sementara itu, ikan kembung dijual dengan harga Rp30 ribu/kg, turun Rp5.000 dibanding hari-hari sebelumnya. Demikian pula harga beberapa jenis ikan. “Harga ikan hari ini rata-rata turun karena stok cukup banyak,” kata Haliza Yusuf, salah satu pedagang di Pasar Bastiong.

Sementara itu, Dewi, pedagang ikan di Pasar Higienis mengaku, harga ikan yang dibeli dari pemasok tidak turun namun ketika menjual di pasar eceran, harga diturunkan karena kurang pembeli. Dia menyatakan, sejak kabar peningkatan kasus Covid-19 di Ternate, pembeli menurun.

Sementara, pasokan ikan dari nelayan yang masuk ke Pasar Higienis, katanya, cukup banyak. Beberapa pekan terakhir, suplai ikan ke pasar-pasar utama di Ternate mengalami penurunan akibat cuaca ekstrim yang mempengaruhi produksi nelayan.(mg-08)

 

Peliput : Taslim T. Lahe

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks