Makin Terjepit, Pemkot Tidore Diminta Perhatikan UMKM

Jainuddin Saleh. (istimewa)

Tidore, malutpost.id — Pemerintah Kota Tidore Kepulauan diminta untuk memperhatikan eksistensi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang majkin terjepit akibat pandemi covid-19.  Pemerintah dinilai belum terlalu maksimal memperhatikan pelaku UMKM di Tikep.

Ketua Partai Hanura Kota Tikep, Jainuddin Saleh mengemukakan, perhatian pemkot untuk UMKM dan ekonomi kreatif perlu ditingkatkan, apalagi dimasa pandemi, pelaku UMKM tetap harus eksis.

Padahal, kata Digo–sapaan Jainuddin Saleh, UMKM dapat membantu pemerintah memulihkan ekonomi masyarakat.

“Voba kita lihat saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif gencar mendorong sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Saya berharap ke depan sektor ini didorong melalui kebijakan-kebijakan strategis Pemda sehingga eksistensi UMKM kita bisa lebih bergeliat walaupun di masa pandemi,” kata Jainuddin Saleh, Selasa (13/7/2021).

Baca:  Demo Pemkot Tidore, Mahasiswa Runut Masalah di Mafututu-Jiko Cobo 

Ia memaparkan, ada beberapa problem dasar, seperti minimnya sosialisasi pemerintah terkait legalitas pelaku usaha UMKM dan ekonomi kreatif. Masih banyak pelaku usaha yang bingung ketika mengurus izin usaha. Kemudian, pemerintah juga menyediakan pasar dan ruang bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk.

“Alhamdulillah saat ini Pemda sudah membangun sebuah bangunan di kawasan Tugulufa sebagai sentra promosi produk UMKM di Tidore. Kalau tidak salah kita ini punya 900 lebih pelaku UMKM dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Dia juga mendorong pemerintah aktif membuat kreatifitas yang melibatkan anak mudah seperti pameran atau festival usaha seperti yang pernah digagas oleh komunitas anak muda Tikep beberapa saat lalu. Pemerintah juga aktif mengajak pelaku usaha untuk duduk bersama dalam mengembangkan usahanya.

Baca:  Penjelasan PPI Kepualaun Sula soal Video Joget-joget Paskibraka di Isda

Jainuddin menyarankan, lantai dua  Pasar Sarimala bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Tikep. “Daripada kita biarkan los itu kosong dan tidak ada aktivitas sama sekali,” tutupnya. (aby)

 

_

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram Salim 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks