Harga Cabe Keriting dan Tomat Turun Tajam

Pedagang di Pasar Higienis Ternate.(FOTO: Taslim T. Laher/Malut Post)

Ternate, malutpost.id – Harga cabe keriting dan tomat di di sejumlah pasar di Kota Ternate, Selasa (13/7/2021) mengalami penurunan. Cabe keriting turun tajam dari Rp100 ribu/kg menjadi Rp50 ribu atau sebesar 50 persen. Sementara harga tomat dari Rp 20 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu, turun sekitar 40 persen. Lemon ikan juga turun dari Rp20 ribu menjadi Rp15 ribu/kg.

Sementara beberapa komoditas lain seperti rica nona dijual dengan harga antara Rp90 ribu hingga Rp100 ribu/kg dan bawang merah bertahan di harga Rp45 ribu/kg.

Pantauan malutpost.id di Pasar Higienis, Pasar Percontohan, dan Pasar Bastiong menunjukkan adanya penurunan harga beberapa  komoditas harian. Penurunan ini, menurut beberapa pedagang karena pasokannya lancar.  Beberapa hari belakangan, menurut Salbia, salah satu pedagang di Pasar Bastiong,  turunnya harga cabe keriting dan tomat dikarenakan adanya stok dari luar daerah.

Sebelumnya, beberapa kapal dari Manado dan Bitung tidak bisa berlayar karena cuaca ekstrim. Akibatnya stok cabe keriting dan tomat menipis. “Sekarang sudah ada kapal yang masuk,” tukasnya.

Suplai kebutuhan komoditas yang sering disebut barito (bawang-rica-tomat) itu selama ini berasal dari beberapa sentra produksi di Tidore, Halmahera dan Sulawesi.

Iwan, pedagang barito di Pasar Higienis mengatakan, pasokan komoditas yang disuplai saat ini masuk dari Manado, Gorontalo, dan Makassar. Meski demikian, dia khawatir stok akan menipis seiring dengan meningkatnya kebutuhan yang semakin tinggi jelang Idul Adha.(mg-08)

 

Peliput : Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks