Buta 2 Tahun, Pria di Halbar Tewas Tergantung 

Ilustrasi bunuh diri. (istimewa)

Jailolo, malutpost.id — Seorang pria berinisial SB (44) ditemukan tewas tergantung di rumahnya Desa Gam Ici Kecamatan Ibu, Halmahera Barat (Halbar), Senin (13/7/2021) sekitar pukul 04.30 WIT. Kematian SB masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib. Namun, pihak keluarga menduga, korban melakukan aksi bunuh diri karena stress dengan kondisi penglihatannya yang buta total sejak dua tahun belakangan.

Informasi yang dihimpun malutpost.id menyebutkan, korban pertama kali ditemukan Sitiran, saudara perempuannya yang saat itu hendak bekerja di dapur. Saat ditemukan, SB dalam keadaan tegantung di dapur rumahnya. Lehernya terikat dengan kain gorden yang bagian ujungnya diikat di kayu plafon.

Korban diduga melakukan aksinya ketika anggota keluarga lainnya sudah tidur. Sebelum mengakhiri hidupnya, korban ditengarai menggunakan tangga bambu untuk naik mengikat ujung gorden ke kayu.

Sitiran kepada pihak berwajib yang datang ke TKP (tempat kejadian perkara) mengaku, sekitar pukul 03.00 WIT dia sempat terbangun dan melihat korban yang buta itu mondar-mandir dalam rumah. Hanya saja, saksi ini mengaku dia tak tahu maksud korban tersebut dan kemudian kembali ke kamarnya untuk tidur. Nanti setelah bangun pada dini hari itu, dia melihat tubuh korban dalam posisi tergantung.

Menurut pengakuan Sitiran, dia melihat tangga dan mengira korban yang mengalami kebutaan total itu akan memperbaiki lampu. Tapi begitu dia dekati tubuh korban, ternyata dalam posisi tergantung. Sitiran sempat memukul kaki korban karena mengira masih hidup.

Menurutnya, sebelum melakukan aksi nekat itu, korban pernah mengatakan kepada salah satu kerabatnya, bahwa dirinya susah hati dan gelisah. Korban strees akibat menderita kebutaan. Dan, selama ini korban hidup bersama keluarga di rumah miliknya. Istrinya sudah lama cerai.

Kapolsek Kecamatan Ibu, IPDA Selda Audina, ketika dimintai konfirmasi membenarkan adanya peristiwa gantung diri. Menurut Selda, setelah mendapat informasi tersebut pihaknya langsung menuju ke TKP. Namun modus dan motif di balik kematian SB belum bisa dibeberkan lebih jauh. “Saat ini kita masih melakukan penyelidikan,” ujar Selda yang dihubungi via telepon.(mg-07)

 

_

Peliput : Faisal Sidik

Editor   : Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks