Idul Adha, OPD Kota Ternate Wajib 1 Ekor Hewan Kurban

Ilustrasi hewan kurban. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemerintah Kota Ternate diwajibkan menyerahkan 1 ekor hewan kurban pada momen Idul Adha 1442 Hijriah pada Ahad (20/7/2021) mendatang. Selain hewan kurban, juga diminta menyiapkan biaya penyembelihan yang akan dilaksanakan di sejumlah masjid di lingkungan pemukiman.

Kabag Kesra Setda Kota Ternate, Mudjais Walanda mengatakan, penyembelihan hewan kurban diserahkan ke masing-masing OPD untuk bisa mengluarkan anggarannya. “Surat edaranya sudah kita sampaikan kepada seluruh OPD untuk menyumbang satu ekor, sekaligus dukungan anggaran penyembelihan. Batas waktu pengadaan sampai Kamis, 15 Juli mendatang,” tandas Mudjais kepada malutpost.id, Senin (12/7/2021).

Saat ini, menurut dia, ada sekitar 68 masjid yang terdata menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Data itu berdasarkan proposal yang diajukan ke Bagian Kesra.
Terkait pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini, ada pembatasan dari Pemerintah RI karena ketentuan PPKM Darurat, mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Karena, Mudjais bilang, umat muslim dianjurkan melaksanakan shalat di masjid atau mushala dalam lingkungan pemukiman masing-masing. “Untuk pelaksanaa sholat id, diperbolehkan di lingkungan masing-masing, berdasarkan perintah dari Menteri Agama,” pungkasnya.(mg-07)

Baca:  Ormas Ingin RPJMD Kota Ternate Fokus Juga ke Budaya

 

_

Peliput : Faisal Sidiq
Editor   : Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks