Hari Ini, Basarnas Ternate Gelar Latihan di Morotai

 

Basarnas Ternate saat menggelar latihan di Morotai, Senin (12/7/2021). (Dok. Basarnas)

Ternate malutpost.id — Basarnas atau Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate menggelar pelatihan di Kepulauan Morotai, Senin, (12/7/2021). Fokus latihan meliputi Potensi SAR Water Rescue (pertolongan di permukaan air) dan Underwater Rescue (pertolongan di bawah air).

Kegiatan itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Pulau Morotai yang diwakili Asisten 2 Umar Ali, S.E di Aula Daloha Resosrt Morotai. Penerapan protokol kesehatan secara ketat diberlakukan pada pembukaan kegiatan tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bupati Pulau Morotai Benny Laos dalam sambutan tertulisnya menyampaikan apresiasi kepada Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di Morotai. “Ini sudah tepat sasaran mengingat wilayah perairan di Kabupaten Pulau Morotai dan Maluku Utara ini cukup luas,” kata Umar Ali mengutip sambutan Benny Laos.

Baca:  Halsel Miliki Potensi Sentra Pengembangan Sistem Budidaya Perikanan Terpadu

Dia berharap pelatihan potensi SAR yang rutin itu akan melahirkan output yang maksimal, kesamaan persepsi antar instansi serta profesionalitas dalam pelaksanaan operasi SAR, apabila kemudian hari terjadi kecelakaan pelayaran di wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

 

Benny juga menyatakan, Pemkab Pulau Morotai akan selalu mendukung kepentingan keselamatan bersama, mewujudkan negara yang bebas dari kecelakaan maupun bencana. ”Sekurang-kurangnya untuk menekan angka timbulnya korban jiwa. Tentu kita manusia hanya bisa berusaha sekeras mungkin, sisanya kita serahkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah. S.H. M.Si. mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan di Kabupaten Pulau Morotai, “Tentang teknik pertolongan di air kepada korban yang membutuhkan bantuan SAR, mengingat wilayah Maluku Utara sebagian besar merupakan perairan,” jelasnya.

Baca:  Tinggal 9 Bulan, Benny dan Asrun Akhiri Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Morotai

Kegiatan ini juga bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang Pertolongan Water Rescue dan Underwater Rescue, serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melaksanakan evakuasi. ”Kegiatan ini juga sebagai forum berbagi pengalaman sekaligus sinergitas dan solidaritas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate khususnya Unit Siaga SAR Morotai dengan Potensi SAR Morotai,” katanya.

Peserta peserta pelatihan Potensi SAR terdiri dari TNI/Polri, instansi pemerintah, dan swasta lainnya di Kabupaten Pulau Morotai.(mg-08)

 

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks