Ikhtiar Batin, Indonesia Gelar Doa Bersama Secara Daring

#PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia yang digelar Kemenag RI Minggu (11/7/2021) sore. Foto: istimewa

Jakarta, malutpost.id—Menghadapi permasalahan bangsa terutama pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Kemenag RI menggelar doa bersama secara daring dari rumah. Kegiatan dengan tema #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia itu berlangsung Minggu (11/7/2021) pukul 14.00 WIB atau pukul 16.00 WIT.

Pelaksanaan doa bersama itu diikuti Presiden Joko Widodo, para pejabat pemerintah pusat dan daerah, tokoh agama, pimpinan lembaga keagamaan, ormas dan sebagainya. Kegiatan #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia diawali laporan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sambutan Presiden Joko Widodo dan dilanjutkan dengan doa secara bergantian oleh para tokoh agama.

Baca:  Dimulai Besok, Sekolah Tatap Muka di Ternate Pakai Sistem Shift

Doa pertama disampaikan Prof Dr. KH Quraish Shihab (Islam), dilanjutkan oleh Pendeta Lipius Biniluk (Protestan), Kardinal Suharyo (Katolik), I Nengah Dana (Hindu), Bhante Pannyavaro (Buddha), dan Xs. Budi Tanuwibawa (Konghucu). Menag Yaqut Cholil Qoumas melalui situs resmi Kementerian Agama, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari acara Hening Cipta Indonesia. “Kegiatan ini merupakan ikhtiar batin, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi segera berakhir.

Dengan berdoa, kita kuatkan spiritualitas, optimisme, harapan, dan keyakinan bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini dan kondisi akan segera kembali normal,” tandas Menag. Menurut Menag Yaqut, penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi yang sedang digalakkan Pemerintah adalah perlindungan diri. Dan doa merupakan senjata spiritual umat yang ampuh untuk mendukung keberhasilan semua upaya yang sudah dilakukan dalam mengatasi pandemi.

Baca:  Airlangga Bicara Penanganan Covid dan Demokratisasi di HUT CSIS

Ikhtiar ini, katanya, diharapkan juga mampu menggerakkan kesadaran bersama seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendoakan negeri ini. “Kita sangat optimis pandemi berlalu. Doa-doa yang dipanjatkan masyarakat Indonesia semakin meneguhkan optimisme ini,” sambungnya.(*/aba)

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks