Zainul Rahman Soroti Pencopotan Kepala Dinas PUPR oleh Wali Kota Ternate

Zainul Rahman. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Anggota DPRD Kota Ternate, Zainul Rahman mengomentari keputusan Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mencopot Risval Tribudiyanto dari jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Ternate.

Zainul menjelaskan, dari pemberitaan yang beredar menyebutkan, dasar wali kota mencopot Risval dari jabatannya ialah Pasal 3 ayat 17 dan Pasal 4 ayat 11 Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Namun, kata Zainul, wali kota juga perlu memperhatikan ketentuan dalam peraturan pemerintah yang sama yang mengatur tata cara pemanggilan, pemeriksaan, penjatuhan, dan penyampaian keputusan hukuman disiplin.

“Bila keputusan pemberhentian PNS yang bersangkutan dari jabatannya adalah sebagai bentuk hukuman disiplin, maka dalam PP 53/2010 juga secara jelas menyatakan bahwa, PNS yang diduga melakukan pelanggaran disiplin dipanggil secara tertulis oleh atasan langsung untuk dilakukan pemeriksaan,”jelas Zainul kepada malutpost.id, Sabtu (10/7/2021).

Baca:  Puluhan Kapal asal Sulawesi Bebas Curi Telur Ikan di Kepulauan Sula

Lebih lanjut Zainul berujar, sebelum dijatuhi hukuman disiplin, atasan langsung memeriksa PNS yang bersangkutan secara tertutup dan hasil pemeriksaan dituangkan dalam berita acara pemeriksaan. Pemkot kata Inul–sapaan akrab Zainul, perlu menjelaskan kepada publik, apakah prosedur penjatuhan hukuman disiplin kepada Risval sudah dilakukan atau belum.”Karena dalam beberapa hari ini, nama Kadis PUPR termasuk dalam salah satu PPT Pratama yang akan mengikuti uji kompetensi. Tiba-tiba hari ini sudah diberhentikan dengan dasar aturan disiplin PNS,”tandas Direktur Eksekutif Partai Demkokrat Malut itu.

Sebelumnya, Risval dicopot berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 821.2/KEP/2043/2021 tertanggal 9 Juli 2021. Dalam surat tersebut, Risval dimutasi menjadi fungsional umum pada Dinas PUPR Kota Ternate. Jabatannya, diisi oleh Staf Ahli Wali Kota, Isnaini Pansiraju sebagai pelaksana tugas. (ikh)

Baca:  13 Pegawai Positif Covid, Kantor PA Ternate Tutup Pelayanan

 

_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks