BMKG Ternate Deteksi Gempa Magnitude 6,2 di Talaud

BMKG Ternate Deteksi Gempa Magnitude 6,2 di Talaud

Gempabumi tektonik dengan magnitudo 6,2 tereteksi BMKG Ternate

Ternate, malutpost.id – Gempabumi tektonik dengan magnitudo 6,2 tereteksi BMKG Ternate. Gempa yang terjadi pukul 10.45 WIT, Sabtu (9/7/2021) ini episentrumnya di Kepulauan Talaud dan guncangannya tidak dirasakan di Malut.

Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang, melalui rilis resmi yang diterima malutpost.id, menjelaskan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,2. “Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,99 derajat Lintang Utara,  126,64 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 kilometer arah Barat Daya Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 23 km, ” jelas Andri.

Baca:  Sempat Alot Diawal, Dekot Akhirnya Setujui Draf Awal RPJMD Pemkot Ternate

Sementara dari jenis dan mekanisme, lanjut dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi penyeseran pada Lempeng laut Maluku. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault),” jelasnya.

 

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sangihe, Tomohon, Bitung, dan Boltim. Namun, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Sementara, dari hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya delapan gempabumi susulan dengan magnitude terbesar Mw 5,8 dan terkecil M 3,5. “Kami menghimbau, kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” pungkasnya.(Mg-08)

Baca:  Gempa Tektonik di Subaim Akibat Aktivitas Sesar Lokal

 

Peliput: Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks