Anggota DPRD Morotai Nyaris Baku Hantam saat Paripurna LKPJ

Anggota DPRD Morotai Nyaris Baku Hantam saat Paripurna LKPJ

Sesama anggota DPRD Morotai nyaris baku hantam saat rapat paripurna LKPJ, Jumat (9/7/2021). (Foto: Opan/malutpost.id)

Daruba, malutpost.id — Paripurna  penyampaian LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) tahun anggaran 2020 oleh Pemda Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara diwarnai insiden, Jumat (9/7/2021) malam. Sesama anggota DPRD nyaris baku hantam sebelum rapat dimulai.

Paripurna tersebut ditunda hingga 3 kali. Jumat, 11 Juni lalu rapat juga terpaksa ditunda akibat protes anggota DPRD dengan alasan belum dibahas dalam rapat Badan Musyawarah.

Di agenda ketiga pada Jumat malam kemarin, rapat yang berlangsung pukul 20.00 WIT itu kembali ditunda lantaran kembali menuai protes sejumlah anggota dewan. Saling protes antar wakil rakyat itu berlangsung hingga ke luar ruangan sidang.

Baca:  Tersangkanya Tertangkap, Ini Permintaan Ayah Korban Penganiayaan Sadis di Labuha

Awalnya, sidang dimulai dengan sambutan Ketua DPRD Rusminto Pawane yang langsung dipotong oleh Sekretaris Komisi I DPRD Pulau Morotai, Fadli Djaguna dan disusul Ketua Fraksi Gerakan Amanat Nasional (GAN) DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Ruslan Ahmad.

“Ini terkesan dipaksakan, tidak ada putusan dari diagendakan di Badan Musyawara kalau ada putusan jadwalnya dimana,” jelasnya.

Tak lama Ruslan Ahmad, berdiri dan membalikan meja di depannya. Menurutnya, kebijakan bupati telah merusak lembaga DPRD. “Tidak ditandatangani oleh ketua, tapi hari ini LKPJ Anda terima. Pimpinan, saya mau bilang, kekuatan bupati itu mencabik-cabik lembaga ini. Lembaga ini lembaga negara,”teriak Ruslan.

Tindakan Ruslan tersebut membuat Ketua DPRD Rusminto Pawane  menskorsing rapat tersebut.”Kami dari pimpinan meminta maaf ini sesuatu yang sebutulnya biasa saja. Dinamika forum yang terjadi. Tentunya kami lembaga setelah kita diskusi dengan rekan-rekan pimpinan. Kemudian rapat paripurna malam ini kami skorsing yang kemudian dengan menunggu jadwal ketemu dirapatkan kembali,” pungkasnya.(cr-04)

Baca:  Dua Ton Miras Asal Manado Gagal Beredar di Maluku Utara

 

_

Peliput : Sofyan Togubu

Editor   : Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks