Setuju Pembatasan Tahlilan, Ketua MUI Ternate: Pempus Jangan Dulu Terima WNA

Setuju Pembatasan Tahlilan, Ketua MUI Ternate: Pempus Jangan Dulu Terima WNA

Usman Muhammad. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Forkopimda (Forum Pimpinan Daerah) Kota Ternate menetapkan Maklumat Bersama tentang kepatuhan terhadap kebijakan penanganan penyebaran Covid-19. Salah satu butir maklumat itu menyebutkan, masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri. Di antara kegiatan tersebut adalah kegiatan keagamaan seperti tahlilan.

Menyikapi hal itu, Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Ternate Usman Muhammad mengaku bahwa tahlilan orang meninggal sudah menjadi tradisi keagamaan di Maluku Utara, khususnya Kota Ternate. Karena itu, kegiatan ini bisa dijalankan namun perlu pembatasan jumlah orang yang ikut tahlilan. Di samping itu, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Kalau boleh, tahlilan dilaksanakan pada siang hari karena sudah ada maklumat pada jam 10 malam tidak ada aktifitas keluar rumah,” jelas Usman Muhammad yang ditemui malutpost.id, Jumat (9/7/2021).

Baca:  Nekat Telanjang Bulat Saat Konvoi, 2 Remaja Diamankan

Setelah maklumat tersebut diterbitkan, kata Usman Muhammad, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Wali Kota M Tauhid Soleman. “Pada Senin nanti, kami akan menyampaikan surat edaran yang isinya meminta masyarakat terutama di masjid-masjid agar aktifitas keagamaan tetap berjalan sebagaimana biasa, tetapi tidak mengabaikan protokol kesehatan. Kemudian setelah shalat dapat dibacakan doa tolak bala, yakni kunut nazilah,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua MUI Kota Ternate juga menyarankan para pejabat dan pengusaha agar menahan diri dalam melakukan perjalanan keluar daerah, terutama Jawa. “Saya juga mengimbau pemerintah pusat agar jangan dulu menerima WNA masuk ke Indonesia. Masyarakat masyarakat dalam negeri ditekan untuk tidak melakukan perjalanan dan aktifitas dibatasi, sementara setiap saat pemerintah menerima WNA terutama dari Cina. Bahkan jumlahnya mencapai ratusan orang. Itu informasi yang kita terima, sehingga perlu menjadi petimbangan bagi pengambil kebijakan,” tandasnya. (mg-07)

Baca:  Rektor Beri Nasi Tumpeng kepada 2 Mantan Rektor, Dies Natalis Unkhair Berlangsung Penuh Keakraban

 

_

Peliput : Faisal Sidik
Editor : Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks